twitter
rss

Bahasa merupakan suatu wadah yang sangat penting mutlak dalam arti seorang manusia atau makhluk lain tidak akan bisa hidup tanpa adanya bahasa. Mulai dari Adam hingga sekarang ini, makhluk hidup bisa bercakap-cakap dengan menggunakan bahasanya masing-masing. Bahkan orang bisupun dalam percakapannya menggunakan bahasa. Maka dari itu alangkah penting sekali kita sebagai manusia mempelajari bahasa agar kita bisa berkomunikasi dengan siapapun dan juga kita dapat menjalin silaturrohim dengan sesama manusia.
Kali ini saya akan sedikit membahas tentang kebahasa indonesiaan. Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi bangsa Indonesia yang sudah diikrarkan oleh para pemuda Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928 yang sekarang tanggal tersebut selalu diperingati dengan Hari sumpah pemudanya.
Orang Indonesia sendiri kadang melupakan apa arti dari bahasa Indonesia itu sendiri, padahal itu merupakan bahasanya. Itulah yang menjadi pertanyaan saya mengapa orang Indonesia malah jarang sekali menggunakan bahasanya ? mungkin anda juga tau dan mungkin juga berfikiran sama dengan saya. Upaya pemerintah untuk menyadarkan warga negaranya mengenai kebahasa Indonesiaan sudah sangatlah banyak sekali, mulai dari SD bahkan Tk pun sudah mengajarkan apa itu bahasa Indonesia sampai pada PT (Perguruan Tinggi) pun Bahasa Indonesia pun masih diajarkan. Hal ini supaya warga negara Indonesia menyadari bahwa Bahasa Indonesia juga merupakan budaya yang harus tetap dilestarikan.
Dalam hal lain, bahasa juga merupakan seni. seseorang yang bisa mengembangkan kebahasaannya maka dia akan bisa membuat suatu kesenian dari bahasanya itu. misal : seorang yang pandai sekali mengolah bahasa menjadi suatu puisi yang menarik dan menyentuh hati, seorang yang bisa membawakan suara merdu dengan nyanyiannya, dll.
Sebagaimana dimaksud diatas fungsi bahasa sangatlah banyak sekali. maka dari itu saya menghimbau kepada semuanya saja agar supaya bahasa dapat dijadikan sebagai sesuatu yang berharga buat hidup kita masing-masing.

03-07-11

1 comments:

  1. jika ingin mencoba saling klik "IKLAN" sms:085647680200

Post a Comment